JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-2 MODUL 1.1

 


Jurnal Refleksi Minggu Ke-2

Oleh Nurlinah Haris, S.Pd

CGP angkatan 4

Polewali Mandar, Sulawesi Barat

 

 

Kegiatan minggu ini masih mendalami modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara. Saya menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

 

Facts (Peristiwa)

Pada minggu ke-2 ini, saya mengikuti kegiatan Ruang Kolaborasi-Unggah Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam LMS. Dalam kegiatan ini, saya menyempurnakan hasil presentasi Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara kemudian mengunggahnya pada LMS. Keesokan harinya adalah kegiatan Refleksi Terbimbing-Presentasi Kerangka Filosofis 'Merdeka Belajar', dengan menjawab empat pertanyaan pemantik yang jawabannya dibuat dalam bentuk narasi sesuai pengalaman belajar, pemikiran, dan perspektif ke depan. Pembelajaran berikutnya dalam alur MERRDEKA adalah Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya. Dalam demonstrasi kontekstual ini saya membuat video dan tulisan dalam bentuk pdf tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam implementasinya di kelas. Pembelajaran terakhir minggu ini adalah Elaborasi Pemahaman, yaitu Konferensi ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara’ oleh Perguruan Taman Siswa dan sekolah Sanggar Anak Alam Salam Yogyakarta yang sudah menerapkan Merdeka Belajar melalui pertemuan virtual. Tantangan yang saya hadapi ketika mengikuti kegiatan ini adalah saya harus bisa menyelesaikan berbagai tugas dalam waktu bersamaan, misalnya mengajar, mengerjakan tugas administratif, dan mengerjakan tugas pada LMS. Dalam mengerjakan tugas yang saya pilih berupa video, hambatan yang ditemui adalah waktu yang agak lama membuat video karena saya membuat konsep pada power point kemudian saya buat videonya dan saya edit di HP dengan aplikasi kinemaster, ketika saya akan mengunggah ke LMS ternyata lama dan tidak bisa, sehingga saya berinisiatif mengubah power point menjadi bentuk PDF dan akhirnya saya mengumpulkan tugas dalam bentuk tulisan PDF.


Feelings (Perasaan)

Saya sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran minggu ini, yang mana kami mendapat ilmu dan pengalaman melalui sesi asinkron, dan sesi sinkron.  Saya menjadi lebih termotivasi lagi karena pada sesi sinkron ada pemaparan materi dari narasumber dan diskusi. Ketika saya mencoba menerapkan desain pembelajaran mengenai konsep “gotong royong” di kelas, saya merasa belum mampu menerapkan secara sempurna dalam pembelajaran di kelas karena saya masih harus membuat manajemen waktu dengan baik agar proses diskusi kelompok, presentasi kelompok dan penarikan kesimpulan betul-betul sesuai waktu yang telah disepakati.


Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran di LMS dan proses penerapan di kelas memberikan pengalaman positif bagi saya, yaitu kemandirian, berpikir kritis, kreativitas, berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan memperoleh inspirasi dari narasumber ahli. Adapun langkah yang saya ambil mengatasi kendala yang terjadi adalah dengan manajemen waktu dan menggunakan skala prioritas, sehingga saya dapat mengerjakan semua tugas tepat waktu.


Future (Penerapan)

Berdasarkan paparan di atas, saya sebagai calon guru penggerak merasa pembelajaran yang dilaksanakan dalam LMS dan penerapan pemikiran KHD di kelas ataupun sekolah memberikan banyak pengalaman yang bermakna. Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan pembelajaran yang mengacu kecakapan abad 21 kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila dan budaya lokal memperkuat keyakinan diri saya untuk melaksanakan merdeka belajar guna mewujudkan profil pelajar pancasila. Saya yakin bahwa bekerjasama dan saling mendukung maka tidak ada yang sulit, jadi untuk kedepannya saya akan terus berusaha melakukan kolaborasi lebih intens lagi dengan semua pihak agar program merdeka belajar ini bisa kita wujudkan secara bersama-sama untuk menghasilkan pelajar pancasila sesuai dengan harapan kita bersama.

Salam dan Bahagia.

 


Posting Komentar untuk "JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-2 MODUL 1.1"