Jurnal Refleksi Minggu
Ke-2
Oleh Nurlinah Haris, S.Pd
CGP angkatan 4
Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Kegiatan minggu ini masih mendalami
modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara. Saya
menggunakan Model
1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Facts (Peristiwa)
Pada minggu ke-2 ini, saya mengikuti
kegiatan Ruang Kolaborasi-Unggah Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran
Ki Hajar Dewantara dalam LMS. Dalam kegiatan ini, saya menyempurnakan hasil
presentasi Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
kemudian mengunggahnya pada LMS. Keesokan harinya adalah kegiatan Refleksi
Terbimbing-Presentasi Kerangka Filosofis 'Merdeka Belajar', dengan menjawab
empat pertanyaan pemantik yang jawabannya dibuat dalam bentuk narasi sesuai
pengalaman belajar, pemikiran, dan perspektif ke depan. Pembelajaran berikutnya
dalam alur MERRDEKA adalah Demonstrasi Kontekstual - Pemikiran Filosofis Ki
Hadjar Dewantara dalam Karya. Dalam demonstrasi kontekstual ini saya membuat video
dan tulisan dalam bentuk pdf tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam
implementasinya di kelas. Pembelajaran terakhir minggu ini adalah Elaborasi
Pemahaman, yaitu Konferensi ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara’ oleh Perguruan
Taman Siswa dan sekolah Sanggar Anak Alam ⟮Salam⟯ Yogyakarta yang sudah menerapkan Merdeka Belajar melalui pertemuan
virtual. Tantangan yang saya hadapi ketika mengikuti kegiatan ini adalah
saya harus bisa menyelesaikan berbagai tugas dalam waktu bersamaan, misalnya
mengajar, mengerjakan tugas administratif, dan mengerjakan tugas pada LMS.
Dalam mengerjakan tugas yang saya pilih berupa video, hambatan yang ditemui
adalah waktu yang agak lama membuat video karena saya membuat konsep pada power
point kemudian saya buat videonya dan saya edit di HP dengan aplikasi
kinemaster, ketika saya akan mengunggah ke LMS ternyata lama dan tidak bisa,
sehingga saya berinisiatif mengubah power point menjadi bentuk PDF dan akhirnya
saya mengumpulkan tugas dalam bentuk tulisan PDF.
Feelings (Perasaan)
Saya sangat antusias dan
bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran minggu ini, yang mana kami
mendapat ilmu dan pengalaman melalui sesi asinkron, dan sesi sinkron. Saya menjadi lebih termotivasi lagi karena pada
sesi sinkron ada pemaparan materi dari narasumber dan diskusi. Ketika saya
mencoba menerapkan desain pembelajaran mengenai konsep “gotong royong” di
kelas, saya merasa belum mampu menerapkan secara sempurna dalam pembelajaran di
kelas karena saya masih harus membuat manajemen waktu dengan baik agar proses
diskusi kelompok, presentasi kelompok dan penarikan kesimpulan betul-betul
sesuai waktu yang telah disepakati.
Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran di LMS dan proses penerapan di
kelas memberikan pengalaman positif bagi saya, yaitu kemandirian, berpikir
kritis, kreativitas, berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan memperoleh
inspirasi dari narasumber ahli. Adapun langkah
yang saya ambil mengatasi kendala yang terjadi adalah dengan manajemen waktu
dan menggunakan skala prioritas, sehingga saya dapat mengerjakan semua tugas
tepat waktu.
Future
(Penerapan)
Berdasarkan paparan di atas,
saya sebagai calon guru penggerak merasa pembelajaran yang dilaksanakan dalam
LMS dan penerapan pemikiran KHD di kelas ataupun sekolah memberikan banyak
pengalaman yang bermakna. Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan
pembelajaran yang mengacu kecakapan abad 21 ⟮kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif⟯ yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila
dan budaya lokal memperkuat keyakinan diri saya untuk melaksanakan merdeka
belajar guna mewujudkan profil pelajar pancasila. Saya yakin bahwa bekerjasama dan
saling mendukung maka tidak ada yang sulit, jadi untuk kedepannya saya akan
terus berusaha melakukan kolaborasi lebih intens lagi dengan semua pihak agar
program merdeka belajar ini bisa kita wujudkan secara bersama-sama untuk
menghasilkan pelajar pancasila sesuai dengan harapan kita bersama.
Salam dan Bahagia.
Posting Komentar untuk "JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-2 MODUL 1.1"