TUGAS
1.1.a.5.
RUANG
KOLABORASI DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN
SESUAI
DENGAN PEMIKIRAN KHD
Kelas B
Kelompok 1.
Nama anggota:
·
Muhammad idris
·
Ahmad
·
Hermipramita
·
Nurlina haris
·
Darmia. L
Desain Kerangka
Pembelajaran:
1.
Profil Pelajar Pancasila
Merdeka Belajar “Gotong Royong”
2.
Sumber daya dan Potensi yang
dimiliki sekolah dan kelas yang mendukung Merdeka Belajar :
a. Kepala sekolah
b.
Sarana dan prasana sekolah yang
menunjang
c. Tenaga Pendidik yang kompeten
d. Peserta didik
e. Pemerintah setempat
(masyarakat)
f. Orangtua pesrta didik
g. Ekosistem sekolah
h. Penerapan teknologi
3.
Alur kerangka “Merdeka Belajar”
a. Tujuan utama : “Pelajar
Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan
berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila”
b.
Profil Pelajar Pancasila; “
Gotong Royong “
c.
Kompetensi Pelajar Pancasila :
Ø Menciptakan kerjasama dan kolaborasi antar peserta didik dalam
kelompok dalam mencapai kesepakatan bersama
Ø Membangun rasa kepedulian dan saling berbagi antar peserta didik
dalam kelompok
Indikator ketercapaian :
Ø Peserta didik mampu menjalin kerjasama yang baik dalam kelompok
Ø Peserta didik berbagi tugas dan menyelesaikan tugas masing-masing
dengan baik
Ø Peserta didik mampu memahami tupoksinya masing-masing
Ø Peserta didik secara berkelompok mampu mencari solusi jika terdapat
perbedaan pendapat dalam kelompok
e.
Elaborasi hingga pelaksanaan
konkret di sekolah dan kelas
Ø Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang
dipilih ?
·
Melalui bimbingan bapak/ibu
guru, peserta didik mampu menjalin
kerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan baik dan benar
·
Melalui bimbingan bapak/ibu
guru, peserta didik mampu berbagi peran dan tugas dalam menjaga kebersihan
lingkungan sekolah secara umum dan kelas secara khusus.
Ø Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih ?
·
Sesuai dengan karakter budaya
lokal daerah pesisir yang masih kental sampai saat ini,
“ Siwalli Parri “ yang memiliki artian berbagi tugas dan
tanggungjawab dalam rumah tangga sesuai dengan profil pelajar Pancasila Merdeka
Belajar , Gotong Royong.
·
Menumbuhkan rasa percaya diri
dan tanggung jawab peserta didik dalam kelompok.
·
Menumbuhkan kebiasaan yang baik
antar sesama anggota kelompok, lingkungan kelas, sekolah, keluarga dan
masyarakat
Ø Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih ?
·
Mengimplementasikan pemikiran
KHD “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” dengan
menjadi fasilitator, teladan terbaik
bagi peserta didik, menuntun dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
terus maju dalam kemerdekaan belajar
·
Kegiatan pembiasaan yang
berkelanjutan dan terus menerus akan menjadi kebiasaan sehingga secara otomatis
akan tertanam dalam diri peserta didik yang akan menumbuhkan karakter baik
sebagai pembelajar yang merdeka
Ø Siapakah para pihak yang terlibat dan bagaimana perean mereka ?
·
Keluarga
-
Dasar pendidikan yang pertama
dan utama
·
Sekolah
-
Tempat pengembangan potensi
yang dimiliki Peserta didik
·
Bapak / Ibu Guru
-
Sebagai fasilitator dan
motivator dalam proses pembelajaran
·
Peserta Didik
-
Sebagai pusat pembelajaran
·
Masyarakat
-
Tempat eksplorasi dan
eksistensi lanjut peserta didik dalam pengembangan profil pelajar Pancasila
Merdeka Belajar Gotong Royong dengan segala potensi yang dimilikinya.
Posting Komentar untuk "TUGAS 1.1.a.5 DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN SESUAI PEMIKIRAN KHD"