TUGAS 1.1.a.5 DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN SESUAI PEMIKIRAN KHD

 


                

TUGAS 1.1.a.5.

RUANG KOLABORASI DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN

SESUAI DENGAN PEMIKIRAN KHD

Kelas B Kelompok 1.

 

Nama anggota:

·         Muhammad idris

·         Ahmad

·         Hermipramita

·         Nurlina haris

·         Darmia. L

 

 

        Desain Kerangka Pembelajaran:

        1.       Profil Pelajar Pancasila Merdeka Belajar “Gotong Royong”

        2.       Sumber daya dan Potensi yang dimiliki sekolah dan kelas yang mendukung Merdeka Belajar :

a.                                       Kepala sekolah

b.                            Sarana dan prasana sekolah yang menunjang

c.                                   Tenaga Pendidik yang kompeten

d.                                  Peserta didik

e.                                  Pemerintah setempat (masyarakat)

f.                                    Orangtua pesrta didik

g.                                   Ekosistem sekolah

h.                                  Penerapan teknologi

        3.       Alur kerangka “Merdeka Belajar”

a.          Tujuan utama : “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang  memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila”

b.      Profil Pelajar Pancasila;   “ Gotong Royong “

c.                   Kompetensi Pelajar Pancasila :

Ø  Menciptakan kerjasama dan kolaborasi antar peserta didik dalam kelompok dalam mencapai kesepakatan bersama

Ø  Membangun rasa kepedulian dan saling berbagi antar peserta didik dalam kelompok

  Indikator ketercapaian :

Ø  Peserta didik mampu menjalin kerjasama yang baik dalam kelompok

Ø  Peserta didik berbagi tugas dan menyelesaikan tugas masing-masing dengan baik

Ø  Peserta didik mampu memahami tupoksinya masing-masing

Ø  Peserta didik secara berkelompok mampu mencari solusi jika terdapat perbedaan pendapat dalam kelompok

e.                       

         Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas

Ø  Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih ?

·         Melalui bimbingan bapak/ibu guru,  peserta didik mampu menjalin kerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan baik dan benar

·         Melalui bimbingan bapak/ibu guru, peserta didik mampu berbagi peran dan tugas dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah secara umum dan kelas secara khusus.

Ø  Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih ?

·         Sesuai dengan karakter budaya lokal daerah pesisir yang masih kental sampai saat ini,

“ Siwalli Parri “ yang memiliki artian berbagi tugas dan tanggungjawab dalam rumah tangga sesuai dengan profil pelajar Pancasila Merdeka Belajar , Gotong Royong.

·         Menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab peserta didik dalam kelompok.

·         Menumbuhkan kebiasaan yang baik antar sesama anggota kelompok, lingkungan kelas, sekolah, keluarga dan masyarakat

Ø  Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih ?

·         Mengimplementasikan pemikiran KHD “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” dengan menjadi fasilitator,  teladan terbaik bagi peserta didik, menuntun dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus maju dalam kemerdekaan belajar

·         Kegiatan pembiasaan yang berkelanjutan dan terus menerus akan menjadi kebiasaan sehingga secara otomatis akan tertanam dalam diri peserta didik yang akan menumbuhkan karakter baik sebagai pembelajar yang merdeka

Ø  Siapakah para pihak yang terlibat dan bagaimana perean mereka ?

·         Keluarga

-          Dasar pendidikan yang pertama dan utama

·         Sekolah

-          Tempat pengembangan potensi yang dimiliki Peserta didik

·         Bapak / Ibu Guru

-          Sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran

·         Peserta Didik

-          Sebagai pusat pembelajaran

·         Masyarakat

-          Tempat eksplorasi dan eksistensi lanjut peserta didik dalam pengembangan profil pelajar Pancasila Merdeka Belajar Gotong Royong dengan segala potensi yang dimilikinya.

Posting Komentar untuk "TUGAS 1.1.a.5 DESAIN KERANGKA PEMBELAJARAN SESUAI PEMIKIRAN KHD"