Aksi Nyata modul 1.3 Visi Guru Penggerak

 


VISI

" Mewujudkan Peserta didik yang beriman dan bertaqwa,cerdas, kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia "

Latar Belakang

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, guru harus dapat mendesain pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru tidak bisa memaksakan anak menjadi seperti yang guru inginkan, namun menggali, menemukan potensi diri anak dan kemudian mengarahkan anak menemukan potensi diri, menemukan jati dirinya. Anak diberi kebebasan namun guru memberi tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Seorang 'pamong' dapat memberikan 'tuntunan' agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.

Pembelajaran yang selama ini saya lakukan belum mengarah pada pengembangan bakat dan potensi yang di miliki anak. Hal yang mendasari hal ini diantaranya adalah metode yang saya gunakan dalam pembelajaran, sarana belajar, suasana dan kenyamanan kelas masih monoton. Saya menggunkan lebih dominan menggunakkan metode ceramah, pemberian tugas dengan ultimatum keras sehingga membuat peserta didik malas belajar, tidak tertarik dengan materi yang disampaikan dan tentu saja berdampak pada  tujuan pembelajaran yang tidak dapat terwujud. Oleh karena itu, saya mencoba menyusun aksi nyata perubahan untuk menciptakan pembelajaran yang  berpusat pada peserta didik, menarik dan menyenangkan.

Tujuan :

1. Menumbuhkan semangat  dan minat belajar siswa
2. Menumbuhkan bakat dan potensi yang di miliki anak
3. Menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan

Deskripsi Aksi Nyata
Pada awal pelaksanaan aksi nyata ini, saya memulai dengan berdiskusi dengan peserta didik kelas XI Mipa 4 terkait pembelajaran matematika atau kelas yang mereka inginkan serta menanyakan penilaian mereka terhadap proses pembelajaran yang telah saya lakukan selama ini.  Beberapa anak menyampaikan pendapat mereka, sebagian mereka menginginkan cara yang bervariasi dalam belajar matematika.  
Saya kemudian menggunakan metode yang berbeda-beda dalam menyampaikan materi, misalnya Pembelajaran Discovery Learning dengan diskusi kelompok, dan memanfaatkan aplikasi rumah belajar yang memiliki banyak fitur yang setiap saat dapat diakses oleh peserta didik untuk semua mata pelajaran.

Hasil dari Aksi Nyata
Dengan perpaduan pendekatan, teknik dan model pembelajaran yang dilakukan membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, peserta didik semakin bersemangat serta lebih bertanggung jawab karena bisa berkolaborasi berbagi pengetahuan, bertukar pikiran, dan saling memberikan kritik yang sifatnya membangun. 

Dokumentasi Kegiatan





Link Pembelajaran Discovery Learning:
https://www.youtube.com/watch?v=Kw--SasAJf8

 

Posting Komentar untuk "Aksi Nyata modul 1.3 Visi Guru Penggerak"