VISI
" Mewujudkan Peserta didik yang beriman dan bertaqwa,cerdas, kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia "
Latar Belakang
Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, guru harus dapat mendesain pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru tidak bisa memaksakan anak menjadi seperti yang guru inginkan, namun menggali, menemukan potensi diri anak dan kemudian mengarahkan anak menemukan potensi diri, menemukan jati dirinya. Anak diberi kebebasan namun guru memberi tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Seorang 'pamong' dapat memberikan 'tuntunan' agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.
Pembelajaran yang selama ini saya lakukan belum mengarah pada pengembangan bakat dan potensi yang di miliki anak. Hal yang mendasari hal ini diantaranya adalah metode yang saya gunakan dalam pembelajaran, sarana belajar, suasana dan kenyamanan kelas masih monoton. Saya menggunkan lebih dominan menggunakkan metode ceramah, pemberian tugas dengan ultimatum keras sehingga membuat peserta didik malas belajar, tidak tertarik dengan materi yang disampaikan dan tentu saja berdampak pada tujuan pembelajaran yang tidak dapat terwujud. Oleh karena itu, saya mencoba menyusun aksi nyata perubahan untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, menarik dan menyenangkan.
Tujuan :
2. Menumbuhkan bakat dan potensi yang di miliki anak
3. Menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
Posting Komentar untuk "Aksi Nyata modul 1.3 Visi Guru Penggerak"