Demonstrasi Konstektual - Pembelajaran Sosial dan Emosional

 


Mengetahui tidak cukup, kita harus menerapkan. Kemauan saja tidak cukup, kita harus melakukan

(Bruce Lee)

Tugas: 

Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional  berbasis kesadaran penuh dalam mata pelajaran yang  diampu.

Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah   :  SMAN 2 Polewali 

Mata Pelajaran : Matematika wajib

Kelas/Semester :  XI / 2

Alokasi Waktu    :  3 x 45 menit

KD : 3.8 dan 4.8


Materi                   : Integral Tak Tentu



  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintific, peserta didik diharapkan dapat mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar, secara cermat dan teliti.


  1. Langkah-langkah Pembelajaran

PENDAHULUAN

KEGIATAN AWAL RUTIN (KSE-PENGELOLAAN EMOSI DAN FOKUS)

  • Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa sebelum belajar.

  • Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi.

  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

  • Guru mengingatkan tentang materi turunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebeblumnya.

  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

Diferensiasi Proses

Guru menyajikan materi melalui PPT disertai penjelasan singkat tentang materi  integral tak tentu fungsi aljabar 

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal-hal  yang belum dipahami terkait materi  integral tak tentu fungsi aljabar

Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, dan  saling bertukar informasi terkait integral tak tentu fungsi ljabar

Guru membagikan LKPD berdasarkan kesiapan belajar peserta didik yakni;

  1. Kelompok peserta didik yang sudah memahami tentang integral tak tentu fungsi aljabar dapat saling memeriksa jawaban.

  2. Kelompok peserta didik yang sudah memahami integral tak tentu fungsi aljabar namun masih kurang memahami secara keseluruhan maka dapat bertanya kepada 3 teman sebelum bertanya kepada guru.

  3. Kelompok peserta didik yang sama sekali belum memahami tentang   integral tak tentu fungsi aljabar akan diberikan bimbingan langsung oleh guru  atau scaffolding.

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja individu, dan ditanggapi oleh peserta didik lainnya

peserta didik membuat kesimpulan dan mengumpulkan hasil kerja kelompoknya.

PENUTUP

  • Guru dan peserta didik melakukan refleksi

a) Apakah bagian yang paling menarik dari pembelajaran hari  ini? Mengapa? (KSE-KESADARAN DIRI (MENGENALI  PERASAAN DAN MINAT)) 

b) Tantangan apa yang kamu temui? Bagaimana kamu akan  berlatih untuk mengatasi tantangan tersebut? (KSE RESILIENSI (MENGENALI STRATEGI UNTUK MEMECAHKAN  MASALAH) 

c) Apa yang akan kamu lakukan agar hasil belajarmu lebih  memuaskan dimasa mendatang? (KSE- PENGAMBILAN  KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNGJAWAB  (MENGIDENTIFIKASI PILIHAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN  HASIL PEMBELAJARAN) 

  • Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam,  terimakasih, doa, dan sebagainya)

C. PENILAIAN

Sikap                : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyelesaikan tugas. 

Pengetahuan  : Menunjukkan pengetahuan tentang integral tak tentu 

Keterampilan : Menyajikan dan menjelaskan penyelesaian soal integral tak tentu sesuai prosedur


Polewali,                    2022

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                        Guru mata pelajaran


WAHDINA, S.Pd.,M.Pd                                      NURLINAH HARIS, S.Pd


Lampiran 

Lembar Penilaian Diri 

Nama Peserta Didik : ……………………………….. 

Kelas/semester : XI/2 

Tahun Pelajaran : 2021/2022 

Hari/tgl pengisian : ……………………………….. 

Petunjuk : 

Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom 1 ( tidak pernah) 2 (kadang-kadang), 3 (sering)  dan 4 ( selalu) sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya.

No

PERNYATAAN

SKOR


SKOR AKHIR

NILAI

1

2

3

4




Sikap Mensyukuri dan menghargai nilai dan semangat kerjasama dan gotong royong

1. 

Saya bertambah yakin akan kekuasaan Tuhan Yang Maha  Esa setelah mempelajari tentang kesuksesan banyak  orang dalam bidang perdagangan.








2. 

Saya bekerjasama dalam kelompok diskusi sesuai ajaran  agama sebagai wujud syukur atas nilai dan semangat  gotong royong dan kolaborasi






3. 

Saya bersyukur atas Nikmat dan Karunia serta anugerah  Tuhan Yang Maha Esa dan kepada para tokoh yang selalu  berusaha memajukan perekonomian negara Indonesia  melalui kegiatan perdagangan






4. 

Saya berdoa sebelum melakukan aktivitas 








Sikap Menghargai Hasil Karya Orang lain

1. 

saya memberikan pujian pada hasil karya orang lain








2. 

Saya tidak mencontoh karya orang lain (plagiat) tanpa  mencantumkan sumbernya






3. 

Saya tidak menyontek saat mengerjakan ulangan/ujian






4. 

Saya menghargai pendapat orang lain terlebih saat diskusi








Sikap Tanggung jawab

1. 

Saya melaksanakan tugas mandiri/kelompok








2. 

Saya menerima resiko dari tindakan yang dilakukan






3. 

Saya mengumpulkan tugas tepat waktu






4. 

Saya mematuhi seluruh aturan dalam pembelajaran di  kelas








Sikap Disiplin

1. 

Saya melaksanakan kesepakatan kelas








2. 

Saya mendahulukan kepentingan bersama dari pada  kepentingan pribadi






4. 

Saya berperilaku santun kepada orang lain












Pedoman Penskoran:

Skor penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu : 

Skor 1 apabila murid tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai. 

Skor 2 apabila murid kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai. 

Skor 3 apabila murid sering sesuai aspek sikap yang dinilai. 

Skor 4 apabila murid selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai. 


Lembar Observasi 

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial 


Satuan Pendidikan : SMAN 2 Polewali 

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas /Semester : XI/2  

Tahun Pelajaran : 2021/2022 

No 

Waktu 

Nama 

Siswa

Catatan Perilaku 

Butir Sikap 

Ttd 

Tindak 

Lanjut

1. 











2. 







3. 







4. 







Lembar Penilaian 

Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyelesaikan tugas. 

Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang integral tak tentu

Keterampilan : Menyajikan dan menjelaskan penyelesaian soal integral tak tentu sesuai prosedur


Penilaian Sikap

NO

NAMA  

MURID

PENILAIAN SIKAP

DISIPLIN

TANGGUNG  

JAWAB

SANTUN 

KERJASAMA

SB 

SB 

SB 

SB 

K

……………

















……………

















……………

















Dst


















Kriteria Penilaian

SB 

K

DISIPLIN

Selalu disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran

Sering disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran

Kadang-kadang disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran

Tidak disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran

TANGGUNG  

JAWAB

Selalu santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman

Sering santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman

Kadang-kadang santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman

Tidak bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman

SANTUN

Selalu bertanggung jawab dalam bersikap dan bertindak terhadap guru dan teman


Sering bertanggung jawab dalam bersikap dan bertindak terhadap guru dan teman


Kadang-kadang  bertanggung jawab dalam bersikap dan bertindak terhadap guru dan teman


Tidak bertanggung jawab dalam bersikap dan bertindak terhadap guru dan teman


KERJA SAMA

Selalu bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran


Sering bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran


Kadang-kadang  bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran


Tidak pernah  bekerja sama dengan teman dalam proses pembelajaran



Penilaian  Pengetahuan dan Keterampilan 

- Strategi : Unjuk kerja 

- Alat : Checklist 

Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan

INDIKATOR 

Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang integral tak tentu

NAMA MURID

CHECKLIST

CATATAN

Tercapai 

Berkembang 

Baru mulai  

terlihat

……………….





………………..





………………..





Dst










INDIKATOR

Keterampilan : Menyelesaikan integral tak tentu sesuai prosedur

NAMA MURID

CHECKLIST

CATATAN

Tercapai 

Berkembang 

Baru mulai  

terlihat

……………….





……………….





……………….





Dst







KRITERIA PENILAIAN 

KATEGORI

TERCAPAI 

BERKEMBANG 

BARU MULAI TERLIHAT

Murid mampu menunjukkan pengetahuan tentang  integral tak tentu 

Murid cukup mampu  

menunjukkan pengetahuan  tentang  integral tak tentu

Murid belum mampu  

menunjukkan pengetahuan tentang integral tak tentu



Contoh LKPD 

Kelompok A

Jika diketahui <math xmlns="http://www.w3.org/1998/Math/MathML"><msup><mi>f</mi><mo>'</mo></msup><mfenced><mi>x</mi></mfenced><mo>=</mo><mn>6</mn><msup><mi>x</mi><mn>2</mn></msup><mo>+</mo><mn>2</mn><mi>x</mi><mo>,</mo><mo>&#xA0;</mo><mi>d</mi><mi>a</mi><mi>n</mi><mo>&#xA0;</mo><mi>f</mi><mfenced><mn>1</mn></mfenced><mo>=</mo><mo>-</mo><mn>3</mn><mo>,</mo><mo>&#xA0;</mo><mi>m</mi><mi>a</mi><mi>k</mi><mi>a</mi><mo>&#xA0;</mo><mi>f</mi><mfenced><mi>x</mi></mfenced><mo>=</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></math>  




Kelompok B

Jika diketahui <math xmlns="http://www.w3.org/1998/Math/MathML"><mi>f</mi><mo>'</mo><mfenced><mi>x</mi></mfenced><mo>=</mo><mn>6</mn><msup><mi>x</mi><mn>2</mn></msup><mo>+</mo><mn>2</mn><mi>x</mi><mo>&#xA0;</mo><mo>,</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mi>m</mi><mi>a</mi><mi>k</mi><mi>a</mi><mo>&#xA0;</mo><mi>f</mi><mi>u</mi><mi>n</mi><mi>g</mi><mi>s</mi><mi>i</mi><mo>&#xA0;</mo><mi>f</mi><mfenced><mi>x</mi></mfenced><mo>=</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></math>  




Kelompok C

Lengkapilah  integral fungsi f(x) berikut ;

<math xmlns="http://www.w3.org/1998/Math/MathML"><mo>&#x222B;</mo><mn>6</mn><msup><mi>x</mi><mrow><mn>2</mn><mo>&#xA0;</mo></mrow></msup><mo>+</mo><mn>2</mn><mi>x</mi><mo>&#xA0;</mo><mo>=</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mspace linebreak="newline"/><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>=</mo><mo>&#xA0;</mo><mstyle displaystyle="false"><mfrac><mn>6</mn><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>+</mo><mn>1</mn></mrow></mfrac></mstyle><msup><mi>x</mi><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>+</mo><mn>1</mn></mrow></msup><mo>&#xA0;</mo><mo>+</mo><mstyle displaystyle="false"><mfrac><mn>2</mn><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>+</mo><mn>1</mn></mrow></mfrac></mstyle><msup><mi>x</mi><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>+</mo><mn>1</mn></mrow></msup><mo>&#xA0;</mo><mo>+</mo><mi>c</mi><mo>&#xA0;</mo><mspace linebreak="newline"/><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>=</mo><mo>&#xA0;</mo><mstyle displaystyle="false"><mfrac><mn>6</mn><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></mrow></mfrac></mstyle><msup><mi>x</mi><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></mrow></msup><mo>&#xA0;</mo><mo>+</mo><mo>&#xA0;</mo><mstyle displaystyle="false"><mfrac><mn>2</mn><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></mrow></mfrac></mstyle><msup><mi>x</mi><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></mrow></msup><mo>&#xA0;</mo><mo>+</mo><mi>c</mi><mspace linebreak="newline"/><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>=</mo><mo>&#xA0;</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo><msup><mi>x</mi><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></mrow></msup><mo>+</mo><mo>&#xA0;</mo><msup><mi>x</mi><mrow><mo>.</mo><mo>.</mo><mo>.</mo></mrow></msup><mo>+</mo><mi>c</mi></math>



Posting Komentar untuk "Demonstrasi Konstektual - Pembelajaran Sosial dan Emosional"