Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Moda Luring
Contoh Kasus Mata Pelajaran: Sosiologi
Kompetensi Dasar
Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran,
● Murid dapat mengenali ragam gejala sosial di masyarakat dengan tepat.
● Murid dapat mengenali ragam hubungan sosial di masyarakat dengan tepat.
● Murid dapat membedakan ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat dengan tepat.
Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : PBL
Metode Pembelajaran : Diskusi dan Pemberian Tugas
Media Pembelajaran : PPT, buku siswa, LKS
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 15 Menit
Kegiatan penilaian/ pengamatan oleh guru
Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi murid
Guru mengucapkan salam kepada murid dengan senyum yang bersahabat dan komunikatif
Guru membuka pelajaran dengan melakukan kegiatan rutin membaca doa sebelum belajar ( menanamkan karakter religious )
Guru memeriksa kehadiran murid ( menanamkan karakter disiplin )
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang dicapai pada pembelajaran hari ini
Pembelajaran akan dimulai dengan apersepsi singkat tentang kesiapan murid dalam menerima pembelajaran hari ini. Murid akan diminta menjaawab sebanyak-banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh guru. Pertanyaan adalah pertanyaan yang terkait ragam social dan hubungan social di masyarakat.
Kegiatan Inti : 45 menit
Fase 1 : Menyampaikan Informasi
Guru menayangkan video yang berkaitan dengan ragam social dan hubungan social di masyarakat misalnya tentang isu budaya, ekonomi, lingkungan dan psikologis. Murid memperhatikan dengan penuh keyakinan. ( Guru memperhatikan ketertarikan murid pada penayangan video )
Guru menyampaikan informasi arahan agar diskusi berjalan dengan tertib dan lancer. Murid memperhatikan dengan seksama dan mendengarkan dengan baik pengarahan guru
Fase 2 : Guru Mengasosiasikan murid dalam kelompok belajar
Guru membagi murid dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi, masing-masing kelompok terdiri atas 4 – 5 orang
Guru membagikan murid materi sesuai dengan kondisi minat dan kemampuan murid yang akan didiskusikan oleh setiap kelompok
Fase 3 : Membimbing Kelompok Belajar
Guru meminta murid dalam melakukan diskusi hendaknya melaksanakan keyakinan kelas yang telah dibuat
Mempersilahkan kelompok yang dituju untuk maju ke depan mempersentasikan hasil diskusi kelompok yang telah mereka buat.
Sebagai kelompok yang dituju, anggota kelompok bertindak sebagai moderator memperkenalkan anggota kelompok lainnya dan menyampaikan judul materi diskusi kelompoknya. Kemudian mempersilahkan kepada pemateri untuk menyampaikan materi diskusi pada hari ini.
Pemateri diskusi menyampaikan materi yang telah mereka buat dalam bentuk PPT, Vidio, Klipping, Jurnal ataupun Gambar bercerita
Setelah penyampaian materi, moderator menyampaikan agar peserta diskusi dapat tertib dalam menyampaikan kritik, saran mapun pertanyaan yang akan disampaikan.
Moderator mempersilahkan kepada setiap kelompok dengan satu pertanyaan
Moderator mempersilahkan kepada pemateri agar menjawab pertanyaan yang telah diberikan, kemudian mempersilahkan kepada anggota lain jika ada yang perlu ditambahkan.
Setelah pemateris selesai menjawab, moderator bertanya kepada penanya tentang jawaban yang telah diberikan, apakah jawaban yang diberikan cukup jelas ataukah masih ada yang belum dipahami ?
Moderator bertanya kepada anggota lain jika ada yang belum dipahami dari jawaban yang diberikan
Setelah semua pertanyaan selesai dijawab, moderator menyimpulkan hasil diskusi dan menutup diskusi.
Fase 4 : Evaluasi
Guru memberikan waktu kepada tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan hasil, mendiskripsikan dan menjawab pertanyaan dalam LKS. Setiap kelompok bertanggungjawab menyelesaikan tugasnya masing-masing
Guru memberikan konfirmasi tentang hasil diskusi yang benar.
Penutup : 30 menit
Fase 5 : Penarikan kesimpulan
Guru membimbing murid menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan membuat rangkuman di bukunya masing-masing
Guru menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Penilaian
Pengetahuan : Diskusi, Tes Tertulis
Tuliskan contoh kasus tentang gejala sosial dalam masyarakat yang berkaitan dengan isu budaya.
Tuliskan contoh kasus tentang gejala sosial dalam masyarakat yang berkaitan dengan ekonomi.
Tuliskan contoh kasus tentang gejala sosial dalam masyarakat yang berkaitan dengan lingkungan.
Tuliskan contoh kasus tentang gejala sosial dalam masyarakat yang berkaitan dengan Psikologi.
Kriteria : Skor yang diperoleh / Skor Maksimal x 100%
Keterampilan
Instrumen Penilaian Keterampilan
Keterangan : Skor 4 = sangat sesuai,
Skor 3 = Sesuai
Skor 2 Kurang Sesuai,
Skor 1 = Tidak sesuai
Sikap
Instrumen Penilaian sikap
Keterangan : 4 = Jika empat indicator terpenuhi
3 = Jika 3 indikator terpenuhi
2 = Jika 2 indikator terpenuhi
1 = Jika 1 indikator terpenuhi
Sumber Pembelajaran
Buku Paket Sosiologi SMA
Vidio Pembelajaran PPT Ragam Sosial dan Hubungan Sosial di Masyarakat
Posting Komentar untuk "Unggah Tugas RPP berdiferensiasi "